ikhwan vs akhwat

ketika mendengar kata ‘ikhwan’ yang terbayang adalah cowok berjenggot, CC (celana cingkrang), dll. sedangkan kata ‘akhwat’ sendiri adalah cewek dengan jilbab gedhe, aktivis kampus, dll

tapi, di luar itu semua, ketika menempuh 7 semester di kampus ini begitu banyak cerita yang menyangkut ikhwan dan akhwat. Begitu banyak tipe-tipe orang dengan kepribadiannya masing-masing. begitu banyak kisah-kisah dari yang sedih sampai yang terlucu sekalipun. kisah intrinsik dalam dinamika dakwah kampus.

seorang teman, akhwat yang ketangguhannya bahkan melebih seorang ikhwan sekalipun. sampai-sampai ketika dia marah ataupun bernada agak keras, semua ikhwan pada ‘mengkerut’ (maaf ya ikhwan) . pun dengan akhwat sendiri. kekerasannya tidak akan pernah luntur.

seorang akhwat lagi…subhanallah bersepeda dari kosan sampai kampus. ketangguhannya juga tidak dapat diragukan, bisa dibilang agak ditakuti ikhwan-ikhwan :p

akhwat yang lain lagi, ‘akhwat banget’…benar-benar tipikal ummahat sejati🙂. tapi dibalik itu…pernah dalam sebuah acara kemuslimahan, si ikhwan yang diminta tolong tidak kunjung tiba. akhirnya dengan kekuatan seorang ‘akhwat’, akhwat tersebut mengangkut-angkut galon..kardus dan kursi sendiri..Subhanallah…di balik kelembutannya tersimpan kekuatan yang sangat besar.

akhwat lagi..teman se-angkatan beda jurusan. tak pernah wajahnya menampakkan kemarahan sekalipun. ketika disakiti orang hanya diam..tersenyum..Ukhti semoga Allah membalas ketabahanmu.Ketika beberapa ikhwan dan akhwat menumpahkan kemarahannya kepadamu, mungkin engkau hanya menahan sakit itu sendiri…tanpa mengeluh sedikitpun

Akhwat-akhwat seperjuangan di jurusan…sampai-sampai ada ikhwan yang nyeletuk pas Syuro chating, “akhwatnya klo masalah dakwah bener-bener agresif! jauh lebih cekatan daripada ikhwannya….” . Buat mb pi dengan syiarnya&KanTin-nya…wij dengan kamusnya… U’re all my best friends!!! Arigatou Gozaimasu!!

Dan tentu saja tidak lupa menyebutkan akhwat-akhwat yang membentuk diri ini…murobbi-murobbi ana ketika di kampus.
semuanya berkesan dan meninggalkan banyak pelajaran.Jazakillah khoir atas segalanya, ilmu yang diberikan, kesabaran, hikmah dan tauladan, dll.Sebentar lagi genap ‘4’ ponakan nih…:) asyik…punya banyak adek… Buat mb R ditunggu kabar gembira momongan pertamanya; bwt mb C udah ‘4 bulan’ ni mb; bwt mb W abis ni si kecil punya adek..waa…begitu banyak kegembiraan di tengah-tengah segala kegalauan …

Ya rabbi…begitu banyak tauladan di bumi kampus tercinta ini…
Begitu banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil…
pun ketika bertemu dengan akhwat-akhwat di luar kampus…
Subhanallah…
–bwt u’dwi UnMuh…jazakillah atas tangis dan taujihnya saat perpisahan..di tengah-tengah lantunan izis ‘slamat tinggal sahabatQ’… qt akan sering bertemu di dunia maya, sang ‘bumi_anels’…
–u’ria UnKhair… atas perjuangannya selama seminggu di kapal untuk mencapai lampung dari maluku…belum dari lampung ke maluku..plus 1 minggu di lampung…hampir satu bulan…tenang ukh fsnas depan deket2 situ koq :p
–uni agus Unand..atas senyumnya yang senantiasa membangkitkan semangat..atas perjuangannya mengangkat ‘jilbab’ saat syuro pleno bersama ikhwan. atas jiwa ‘keibuannya’…
–u’hesty Unitomo…atas suara lantangnya saat mengingatkan ikhwan mengenai jam malam saat sidang..atas sms taujihnya yang tepat sasaran…
–u’seny UPI…akhwat bandung euy..dengan logat yang sangat khas. Teringat pas pleno ikhwan-akhwat, antilah yang berbicara mewakili Bandung raya. Subhanallah…pas sholat juga..lantunan ayat suci dan tilawahnya yang khas membuat terpaku…kumaha damang ukhti…sayang pas SE kemarin g sempet ketemu
–u’norma ITB…’adek’ yang memegang amanah besar, ya kan bu sekum GAMAIS?
–u’ika UGM…akhwat yang lembut dan keras..dua sisi yang saling melengkapi…btw qt dulu sering menghindar jalan bareng..abis..bedanya jauh banget..hehe..
–u’ratna UNJ..yang bersedia dengan ikhlas saat ditunjuk jadi pimdang…pun dengan keterbatasan yang ada
–mb ayu UnMul…alhamdulillah..ana dapet benerin laptopnya..btw ana bukan reparator lo ukh..kebetulan aja…tragedi ‘laptop-mati-pdhl-ikhwan-sdh-nunggu-buat-ambil-draftpleno’ yang bikin panik ya…sampai-sampai panitia ikut-ikutan nyegat kita pas mau kluar dari forum…dikira ngapain padahal..he..he
–u’Risna unMul…calon dokter gigi..pas itu gigiq bener2 sakit ukh..sampe-sampe malam sebelum berangkat ke lampung ana&seorang temen akhwat muter2 cari dokter gigi ga nemu. nekat dengan gigi nyut-nyutan berangkat ke Lampung. tapi ajaib,pas ketemu antuna semua sakitnya langsung ilang
–mb betty UNS…wuah..ini akhwat bener2 teladan..senyumannya bisa bikin semua bete ilang..kelembutannya bisa mengalahkan kekerasan ikhwan..pun dengan teman-teman seangkatannya yang rata-rata sudah digantikan dengan juniornya mb ini tetap semangat untuk datang ke fsnas.

–u’ wati unram. Yang semangatnya senantiasa menyindir diri ini.tetangga pulau yg subhanallah…salut ukh!! kapan ya bisa ketemu..insyaAllah..^^
–adek d-cy…yang sering tatinggal pas pleno sampai-sampai sakit perut pun q g tau.afwan ya adekq…saat ini..di tengah-tengah menumpuknya amanah, tetep ingat sabar & sholat sebagai energi utama qt…
–u’rohmah..akhwat hukum yang bener2 berjiwa ‘hukum’ tapi klo pas lagi ‘hang’…ha ha..ga koq ukh. saat pertama kali bertemu kesannya susah deket, dengan bawaan anti yg 1 koper gedhe itu :p tapi pas tau orangnya..huaaa..kangen
–u’funny..jazakillah khoir ukh atas segalanya…dari perjalanan awal kita sampai menginjakkan kaki pertama kali di lampung. Semua terdokumentasikan dengan baik di hatiQ. ..teringat semua kenangan masa kecil kita…semua hal yang merintangi qt saat berangkat ..

…dan akhwat-akhwat lain yang tidak bisa ana sebutkan satu per satu…yang turut mewarnai kesholihan ana…
Benar..ana beruntung bisa satu seperjuangan dengan antuna.semoga kita termasuk orang yang bertemu dan berpisah karena Allah.Amin

Nah…gimana dengan ikhwan-ikhwan??
berhubung ini bukan kafaah saya untuk menerangkan tentang ‘keikhwanan’,jd antum sekalian bisa menyimpulkan sendiri kan?
Bagaimana…?
Sudah bisa melihat dengan jelas?
Di sini ada akhwat-akhwat yang setangguh antum semuanya…
bukan akhwat yang lemah…
bukan akhwat yang manja…
tapi akhwat yang dengan kekerasan sekaligus kelembutannya bisa merangkul dunia
karena mereka..akhwat-akhwat yang kelak menjadi madrasah ummat
penopang kebangkitan ummat..
dengan cintanya…
dengan kasih sayangnya…
dengan ketegarannya…

so…
ketika ada ikhwan tangguh….
pasti ada akhwat perkasa🙂
ikhwan tangguh vs akhwat perkasa
termasukkah qt di dalamnya?…

untuk memperingati Mother Day 22 Desember
buat akhwat-akhwat perkasa yang tersebar di seluruh penjuru negeri…
perhiasan dunia yang membuat bidadari bermata jeli di surga cemburu karena kesholihannya…
btw ini bukan artikel narsis lo…

–In memorial, komisi C Jarmus FSLDKN IV Lampung–

18 thoughts on “ikhwan vs akhwat

  1. klo gitu akhwat lebih nakutin daripada setan dong…>.<
    bukan begitu akh, titik beratnya bukan di ‘kegalakan akhwat’
    tapi tawazun di antar keduanya..jadi akhwat mandiri…ga manja seperti anggapan pada umumnya (dapat dari kata2 seorang ikhwah..jleb…jleb)

  2. YUPPP HARUSS TEGASSS,,, KITA JANGAN TERTIPU OLEH PENAMPILAN….MENGHADAPI KEMUNAFIKAN MESTI TEGAS DAN BERANI… AYOOO ICHWAN KITA BELAJAR DARI AKHWAT JUGA JANGAN CEMEN….KALO BISA GALAKKAN PERGI KEKAMPUS PKE SEPEDA….MENJDIKAN KITA KUAT BAIK MENTAL MAUPUN FISIKKK

  3. TAPI YA HARUSS BISA MENEMPATKAN…CONTOHHH..SESAMA MUSLIM HARUS TETEP RNDAH HATI DAN TIDAK SOMBONG…KARENA NABI PUN LEMAH LEMBUT

  4. iya memang cewe2 kampus sekarang pada manja..
    masa menuangkan H2SO4 aja butuh banuan ikhwan,pdhl kan ini praktikum sendiri2,dan besar resiko ny pun udah diperhitungkan sama asdos..
    kebiasaan pacaran sih..dikit2 manja..
    hhuuhh..bikin gerah!!!

  5. Assalamu’alaykum

    hahahahah, baru tau ada blog nya…. itupun pas nyari identitas temen. ternyata nemu disini. Sudah tumbuh sehat dan kuat? (tinggi). Weekekekekekek

  6. Assalamu’alaikum..piye kabare di Batam jeng?

    wah, baru tau ternyata jeng Tita nulis artikel ini..
    hihi..buka rahasia aja..
    jadi teringat kejadian-kejadian yang terlukis beberapa tahun lalu,
    menjadi memori-memori terindah yang tak terlupa

    salut bagi akhwat-akhwat perkasa di bumi ITS ini
    rindu rasanya berkolaborasi bersama lagi..
    InsyaAllah kita akan selalu menjadi best friend sampai akhir jaman nanti

    Keep Istiqomah sist…!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s