At The Office

Otorita Batam, BIDA Buildings, Annex II, IT Centre. Di sanalah saat ini aq bekerja. Panjang banget ya namanya…hue2…

BIDA atau bahasa kerennya, Batam Industrial Development Authority yang dialihbahasakan ke indonesia artinya tu otorita batam adalah Lembaga Pemerintah Non-Departemen. Knapa koq dibilang LPND??

Jawabnya karena ruang lingkup BIDA sangat luas. Fokus dalam pengembangan industri kota Batam, BIDA memiliki 21 departemen di bawahnya, selain itu BIDA memiliki ratusan pegawai or karyawan yang 80 %-nya berstatus PNS, selebihnya adalah pegawai tetap non PNS, n outsorcing dan ga hanya itu…

Saat ini, kami, 24 IT-ers bergabung dalam 1 tim untuk proyek Batam e-Government, pilot project e-Gov dari Dept Kominfo pusat. Karena ruang lingkup e-Gov sangat luas, maka kami dibagi ke dalam sub-sub kelompok, yang masing-masing kelompok memiliki bahasan sistem sendiri-sendiri.

Finance & Billing, LAN/Networking, Land Management, Land-GIS, Facility service, BMS (Boarding Management System), Sistem analys & Database administrator, HRM (Human Resource Management), Web-GIS, Homepage & e-KIOSK, Portal & EDMS adalah sistem yang kami kembangkan dalam e-Gov ini.

Berhubung gedung IT Centre masih dalam pembangunan, so saat ini untuk sementara waktu kami ditempatkan di kantor sementara di Annex II. Karena kami harus memahami to be model proses sistem mendatang, jadi yang jadi makanan sehari-hari adalah setumpuk buku 6 jilid yang tuebel.:)

Subhanallah…

Saat sebulan yang lalu mengikuti satu training kerja yang diadakan oleh salah satu perusahaan swasta terkemuka, saya diajarkan bagaimana membuat suatu ‘flower diagram’. Diagram itu dapat menunjukkan ‘the dream job’ kita. dan di salah satu mahkota bunganya memang saya tulis pekerjaan yang diinginkan, yang memprioritaskan peningkatan keilmuan or pengetahuan dan lingkungan yang kondusif. Well,,,tentunya ga berharap banyak. Manusia yang berikhtiar dan berdoa, Allah-lah yang Maha Menentukan.

Kadang Allah menjawab doa hambanya secara langsung…dan kadang Allah menggantinya dengan yang lebih baik.

Dan Subhanallah…Maha Suci Allah yang telah memberikan yang terbaik selama hidupku…sesulit apapun itu…Berapa pun lamanya proses itu…atau jatuh bangkitnya perjuangan dan pengorbanan selama itu

Yup, hanya satu yang bisa kita persembahkan kepada Allah sebagai bentuk syukur Alhamdulillah, pengabdian kita,,ibadah dan amal kita.

Klo menyangkut hal tetek bengek tentang ibadah, apakah hanya menyangkut sholat, puasa, zakat??? Tanya seorang teman kantor. Menjawab sambil tersenyum…:)

Manusia diciptakan di dunia hanya untuk 2 hal :
– Menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi
– Beribadah kepada Allah SWT

apa sih artinya poin pertama? trus kalo misal beribadah hanya sebatas sholat saja, berarti yang kita lakukan selain itu melanggar perintah Allah dunks???

Wah-wah..frame berpikir yang salah nie.

Menjadi khalifah, berarti Allah telah mewasiatkan pengolahan alam ini kepada kita, manusia, untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan manusia. Hal ini mustahil dong, kalau qt ga punya ‘ilmu’ untuk mengolah kekayaan alam ini. contohnya ni. Bagaimana kita bisa menemukan sumber bahan bakar minyak bumi, batubara kalo qt ga punya ahli2 pertambangan dan mineral? Bagaimana kita bisa memisahkan komponen-komponen senyawa menjadi unsur yang lebih bermanfaat klo ga ada ahli2 kimia? Dan bagaimana saya, sekarang bisa mengetik di depan komputer dan menikmati fasilitas internet kalo tidak ada para penciptanya? Dan masih banyak lagi.

So…apa hubungannya dengan qt?? Lah perintah Allah untuk menuntut ilmu sangat banyak, jadi ga usah bertanya-tanya lagi. Karena untuk melakukan point kedua, beramal, kita harus berilmu dulu.

Nah lo, Abis tu qt masuk ke poin kedua.

Setelah berilmu, maka kewajiban kita selanjutnya adalah mengamalkan ilmu itu. Kalo ga, ‘dholim’ namanya. Dari situlah qt mengenal arti ibadah sesuangguhnya, bukan secara harfiahnya saja. Ibadah adalah segala sesuatu perbuatan manusia yang disukai oleh Allah. Nah kategori ‘suka’ inilah yang susah.

Syarat-syarat perbuatan yang disukai Allah itu apa aja?
Jelas, harus sesuai tuntunannya…
harus sesuai perintahnya dalam Al Quran
dan bagaimana keteladanan dari Rasulullah SAW

Jadilah akhlaq Rasulullah yang jadi pedoman kita dalam beribadah. So, kalo mau setiap amal qt bernilai ibadah, maka harus back ke hal paling dasar, ‘NIAT’ & ‘IKHLAS’

Sudah mudeng???SIPP!!!

Jadi bagi para IT-ers…jangan mau kalah. Ladang beramal terbuka seluas-luasnya dengan ilmu yang kita miliki.

Next disambung lagi…dan tentu saja. Mencari ilmu tak kenal batas waktu. Long Life Education. Gtoh bahasa kerennya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s