ADS 2013: Perjuangan Menuju Negeri Kangguru

Ramadhan 1433 H. Agustus 2012. Berburu dengan waktu, saat membaca batas pengiriman akhir aplikasi untuk beasiswa ADS 2013. Berlari dengan mentari, berusaha merampungkan deadline pada saat yang bersamaan. Dan akhirnya rekomendasi telah ditandatangani pada H-3 sebelum deadline akhir pengumpulan. Map file dengan plastik di dalamnya telah saya persiapkan di kantor. Saat itu juga, saya mengemas paket dokumen serapi mungkin di ruang laboratorium pemrograman java.

Percaya ndak percaya, saya terinspirasi dengan kisah sukses para pendahulu awardee yang mereka abadikan via blog mereka. Rahasia kesuksesan untuk menarik tim penyeleksi mengambil berkasmu di antara ribuan berkas lainnya adalah kemasan. Ya, saat itu saya meng-copy cat cara ibu yang telaten menyimpan dokumen, sertifikat, ijazah dll di map folder dengan plastik untuk per file di dalamnya. Dan that’s all, dokumen itu kemudian saya kirim via pos yang gedungnya pas di sebelah kantor.

Berbulan-bulan kemudian (lebay), saya sudah lupa mengenai kisah di atas karena aktivitas penelitian dan pengembangan aplikasi yang menguras waktu dan pikiran. Padahal saya belum jadi peneliti nih. Sepulang dari kantor,pada minggu awal Desember, sang polisi kosan (read. bunga, bukan nama sebenarnya) berteriak: “KAK, ADA SURAT DARI AUSTRALIA!” Godness, saya langsung lari ke kamar di lantai dua dan menemukan amplop putih di dalam plastik JNE dengan ukuran tidak terlalu tebal. Jujur saat itu, saya sudah siap memasang wajah kecewa karena berdasarkan info, tebal tipisnya amplop yang dikirimnya berkaitan dengan diterima tidaknya aplicant tersebut. So, bagaimana dengan saya?

Dan 3 lembar surat beserta 1 buah CD Beasiswa ADS 2013 jatuh dari dalam amplop yang saya robek hati-hati. Subhanallah, Alhamdulillah..Tidak terkira betapa bersyukurnya saya saat membaca kalimat demi kalimat dalam surat panggilan seleksi tersebut. Tercantum tanggal tes 7, 10, 11 Januari. Ok, saya masih memiliki waktu 1 bulan.

Dan ini adalah awal perjuangan menuju negeri kangguru……:)

Leave a Reply

